19.8.16

GIANT BUTTON HEAD FITTING ( FUNGSI GBH DAN SPESIFIKASI LENGKAP )

Giant Button Head Fitting ( GBH ) adalah salahsatu element penting di dalam proses Online Valve Maintenance yang berfungsi sebagai Connector atau penghubung antara Pump Lubricant ke Valves melalui Grease Fitting yang menempel di Body Valves.


GIANT BUTTON HEAD FITTING


GIANT BUTTON HEAD FITTING ( GBH )


Secara umum GBH ( Giant Button Head ) ini adalah sebuah perangkat yang menyesuaikan bentuk nya untuk dapat terkait dengan tepat dan mudah pada Grease Fitting Valves atau  Niple Grease yang ada pada Body valves ( Tidak semua Valves memiliki fasilitas Grease Fitting ) sebagai salah satu hal penting dalam proses pengerjaan Online Valve Maintenance ( Online Service Valves ).

Design dari Grease Fitting atau Vanted Body Cap Fitting yang unik membuat Giant Button Head Fitting ini menyesuaikan sehingga pada saat penggabungan kedua perangkat ini menjadi lebih mudah dan dapat dilakukan dalam banyak situasi tanpa harus mengabaikan segi Safety bagi pengguna nya.

BENTUK DAN DESIGN GIANT BUTTON HEAD FITTINGS


Meng-adopsi dari sistem mekanisme Check Valve yang memiliki Flow Satu Arah, penggunaaan Giant Button Head Fitting ini mempunyak tingkat Safety yang tinggi terhadap kemungkinan Riserved Pressure dari dalam Valve terkait. Ini yang penting karena menyangkut salahsatu pedoman kerja dan keselamatan bagi pengguna perangkat ini.

Design dan bentuk yang dibuat sangat Khas ( Lihat Gambar 1 ) menyerupai unit logan besar yang memliki space untuk Konci Pas dengan beberapa Lobang di Body nya. Body Giant Button Head terdiri dari 2 Bagian yang bisa di pisahkan untuk melihat kondisi element didalam nya.

Membuka Body GBH ( Gian Button Head Couppler ) ini berguna dalam membersihkan alat atau perangkat tersebut dari berbagai kemungkinan kotor atau korosi dan meng-chek kondisi Spring atau Disc agar dapat dipastikan dalam kondisi baik dan laik pakai.

Beberapa Brand atau Merk berbeda memiliki bentuk, model dan besar yang variatif. Bisa Bulat, Hexagonal atau dengan panjang yang berbeda. Yang terpenting adalah semua harus memiliki Space untuk Konci Pas agar sewaktu-waktu bisa digunakan jika diperlukan. Bahkan ada salahsatu merk yang memiliki Release Unit nya di Body GBH | Giant Button Head Couppler tersebut.

ELEMENT DI DALAM BODY GIANT BUTTON HEAD ( GBH )


BODY GIANT BUTTON FITTING ( GBH )

Selain Two Piece Body tadi, didalam Giant Button Head ( GBH ) ini terdapat element Spring sebagai sistem utama pada fungsi Check Valves dan Disc atau gates penutup yang bisa terbuat dari material Logam, Porselen atau Teflon ( lihat gambar 2 ).

FUNGSI GBH

Seperti tampak pada Gambar 2 diatas, Posisi Disc Teflon penutup ada pada ujung yang didorong oleh Spring dengan daya tahan Pressure lebih dari 5.000 psi. Disc penutup memiliki Lobang kecil di tengah sebagai lobang Flow bagi material yang ingin dimasukkan ke dalam Body Valve.

ELEMENT DIDALAM BODY GBH ( GIANT BUTTON HEAD COUPPLER )

Pada Body Giant Button Fitting ini terdapat Dua Lobang dengan Thread 1/4 '' FMNPT yang terletak pada dua sisi yang berbeda. Fungsi dari kedua Lobang ini adalah sama yaitu tempat Connection pada Hose atau Selang yang bisa dipilih dalam Dua posisi tersebut sesuai dengan kondisi Valves yang sedang di Maintenance.

Dalan Manifold GBH ini terdapat pula Seal karet atau Rubber yangberfungsi sebagai elastifitas dan menjaga agar kondisi Closed aman dari kebocoran. Di belakang pada tutup Body GBH juga terdapat Ring yang terbuat dari logam tembaga atau Alumunium dengan kebutuhan yang sama yaitu agar tertutup dengan aman pada saat Thread di kencangkan.

Pastikan dalam pemasangan Giant Button Head Fitting ini dalam kondisi yang rapat dan tutup dengan Plug yang kuat untuk salahsatu Lobang yang tidak digunakan. Second Hole yang tidak terpakai baiknya di tutup dengan Plug Logam yang kuat agar tidak terjadi kendala leak dan kebocoran pada saat proses Online Valve Maintenance nantinya.

INSTALLATION  GIANT BUTTON HEAD FITTINGS


Setelah GBH ini ter-install dengan baik dan kuat, kita bisa menghubungkan Giant Button Head ini dengan Hose yang terhubung ke Pump Lube. Posisi GBH ini adalah posisi paling ujung dari dari Grease Pump atau Pump Lubricator yang akan kita gunakan dalam proses Injection Service Valve secara Online.

CARA MEMASANG GBH


Cobalah dahulu beberapa kali untuk memastikan bahwa GBH | Giant Button head Fitting ini dapat terkoneksi dengan baik dengan Grease Fitting yang ada. Sistem Quick Connect pada kedua perangkat ini haruslah tersambung dengan sedikit Flick dan tidak mudah lepas.

Perhatikan bentuk Disc Penutup pada Lobang Flow tadi. Posisi yang sedikit menonjol keluar memberikan kemungkinan agar Sistem Quick Connect dan mekanisme Check valve antara kedua element ini berfungsi dengan baik. Artinya jika nanti ada Pressure yang bekerja disini, semakin besar Pressure akan semakin kuat Connection yang terjadi.

Disinilah tingkat Safety dari GBH dan Grease Fitting ini bekerja. Kedua perangkat yang sama-sama mempunyai sistem Check Valves dan terkoneksi dengan baik untuk mengalirkan Fluida atau Lubricant dari Grease Pump menuju kedalam Body Valves yang sedang kita maintenance/service.

FUNGSI GIANT BUTTON HEAD FITTING ( GBH )


Fungsi GBH atau Giant Button Head Fitting ini adalah sebagai bagian dari Proses mengalirnya Fluida atau Lubricant dari Grease Pump kedalam Body Valve  dengan metode Injection. Ketahanan pada tingginya Pressure yang dilibatkan pada pekerjaan Greasing Valves atau Online Valves Maintenance mengharuskan GBH memiliki Spesifikasi yang sesuai.


Sebagai salahsatu element dari pekerjaa dengan Pressure yang tinggi, kita harus memastikan kondisi Giant Button Head dengan baik dan fungsional. Memeriksa Body bagian dalam GBH ini bisa memastikan bahwa GBH dalam keadaan bersih dan menghindari resiko tersumbat atau ada unsur lain selain Grease dan Lubricant yang ingin kita Inject kan ke dalam Valve.

Element lain yang terkait dengan GBH dan Online Valve Maintenance sudah dan akan kita bahas lagi dalam artikel berbeda di website Valves Indonesia ini. Semua pertanyaan, saran, sumbangsih atau kritik bisa dituliskan di kolom komentar dibawah ini. kami memastikan akan mengunjungi Blog anda dengan atau tanpa komentar dari kami.

Tutorial tentang Equipments atau tentang Proses Online Valve Maintenance bisa didapat di artikel lain pada Bliog ini. Penulis berharap tulisan kecil tentang GBH | Giant Button Head Couppler ini dapat memberikan manfaat yang baik bagi kita dan pelaku pekerjaan Service Valve dimanapun berada.

Agusdewi HM - Online Valve Maintenance Specialist

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon