27.6.16

S.O.P ONLINE VALVE MAINTENANCE | KENDALA DAN PENANGANAN ONLINE SERVICE VALVES

Setelah kita memahami beberapa hal tentang Online Maintenance Valve yang sudah kita tulis sebelum ini, Sekarang saatnya kita bahas tentang Standart Operating System (S.O.P) Online Valve Maintenance atau Valve Service Online yang saya coba tuangkan disini.


ONLINE SERVICE VALVE

STANDART OPERATING SYSTEM ONLINE VALVE MAINTENANCE


Secara sederhana Online Valve Maintenance adalah perawatan Valve, membetulkan atau service Valve tanpa harus melepas Valve tersebut pada posisi dan tempatnya. Hampir bisa disebut dengan Service Valve atau sering kita dengar dengan sebutan repair valve dengan sedikit metode yang berbeda (Online/Offline).

Perbedaan yang jelas jika dibanding dengan Repair valve adalah S.O.P Online Valve Maintenance ini tetap membiarkan Valve tetap bekerja dan berfungsi seperti biasanya. Tanpa harus melepas dan memberhentikan kerja valve yang berjalan.

"Kok bisa?" kawan saya yang sehari hari bekerja di Service Valve masih terus bertanya. "Bisa saja" kata saya dengan yakin mengingat sudah lebih dari cukup pengalaman yang sudah kami kerjakan sebelumnya.

S.O.P ONLINE MAINTENANCE VALVE


Secara Garis Besar, Standart Operating System S.O.P Online Valve Maintenance (kali ini kita bahas Ball Valve) adalah mengembalikan Fungsi Valves seperti yang seharusnya, yaitu dengan memutar Ball Valves (Bola pada Valve) pada posisi yang kita inginkan. 

Dalam hal ini Terbuka atau Tertutup. Tidak semudah yang kita bayangkan ketika Valves tersebut sudah terlalu lama tidak di operasikan dengan rutin, jadi sangat berpotensi untuk terjadi Stuck (Tidak dapat di operated seperti semua ketika ingin membuka valve atau menutupnya).

KONDISI UMUM VALVE ONLINE OPERATING


Pada posisi ON ,Valve dalam keadaan OPEN/Terbuka dimana Hole Valve menghadap sejajar dengan Pipa tempat dia ditempatkan.

Di posisi ini,maka Flow dan aliran Material akan berjalan melewati Lubang pada body Bola tersebut dan bisa Dua arah (Up Stream/Down Stream).

Dan jika hanya bisa satu arah,kita sama sama mengenal jenis Valve ini dengan sebutan Check Valve (Akan kita bahas Posting selanjutnya).

Mengapa kita bisa Service Valve Type ini secara Online?

Jika kita cermati kerja Valve diatas dengan perputaran Bola Valve di dalam nya, maka kita bisa tahu bahwa Perputaran Bola didalam Body valves di butuhkan sebuah Tempat/Seat di Sekeliling Bola tersebut agar bisa bergerak Flexyble tetapi tetap dengan Presisi dan Kekuatan baik untuk menahan Flow/Aliran Material yang bekerja.

SEAT RING SEBAGAI POINT PADA PERKERJAAN ONLINE VALVE MAINTENANCE


Tugas kita adalah mengisi dan mengganti Seal pada Seat Ring Valve ini agar tetap bisa bekerja sesuai dengan yang kita inginkan.Atau bisa kita sederhanakan lagi menjadi semacam Lubricating dan Sealing.
Kendala dan Permasalahan S.O.P Online Valve Maintenance ini biasanya ada pada Dua hal yaitu:
Stuck (Valve tidak bisa bergerak)  dan Passing/Jammed (Valve tidak dapat menahan Flow dengan baik) pada Posisi Normaly Closed. 

Pada situasi atau kondisi Valves Stuck, kemungkinan yang terjadi pada Valve adalah Seat Ring dan Seal yang sudah aus, kotor oleh berbagai macam Material/kondensat yang lewat atau ada bagian Seal yang pecah sehingga menganggu pergerakan Bola di dalam Valve saat di operasikan.
Proses Flushing yang baik dan tepat sangat dibutuhkan dalam penanganan Valve Stuck seperti ini.

Bagaimana tindakan jika Valve Passing/Jammed?

Dalam proses S.O.P Online Valve Maintenance,Hal ini jelas sering kita jumpai karena Seal pada Seat Ring yang terletak di kedua sisi Body Valve tidak bisa menahan Aliran yang ada. Atau lebih tepatnya tidak dapat menjaga posisi Ball Valve secara benar.

Hal ini berakibat akan terjadi adanya Pressure yang lewat pada Valve melalui sisi-sisi yang tidak rapat, maka Flow akan mencari "Jalan Keluar" melewati sela sela Bola dalam Valve sehingga Valve pada posisi (Normaly Close) tidak dapat benar benar menahan Aliran dari Up Stream.

JENIS DAN TYPE VALVE YANG BISA DIKERJAKAN SECARA ONLINE


Kebanyakan semua Valve dengan Size diatas 4 Inches bisa kita Maintenance dengan satu syarat bahwa Valve tersebut memiliki Lubang Injection pada kedua sisi Seat ring nya. Biasanya ditandai dengan adanya Fitting Injection atau Grease Fitting di Body Valve.

Di bagian sisi samping Body Valves bisa kita lihat tampak Grease Fitting (Cap Body Fitting) yang menempel. Dimana Fitting Grease ini berfungsi sebagai Alat yang menghubungkan antara valve dengan equipment yang kita gunakan sebagai Alat dan menyalurkan Lubricant yang kita inginkan ke dalam Valve yang kita Maintenance secara Online atau yang biasa kita sebut dengan Online Valve Maintenance.

Element Injection Fitting Ini dapat kita lihat dengan jelas karena Grease Fitting Injection ini tampak jelas dan berada pada tepat di posisi Seat ring Valve tersebut. Beberapa jenis Valve memliki Jumlah Hole Injection yang berbeda, ada yang hanya 2 buah Fitting Injection dan yang paling sering kita lihat ada 4 buah di setiap Body Valve.

Melalui Lubang Injection | Injection Fitting yang sudah disediakan ini, kita dapat memasukkan Lubricant dengan sistem Injection with Pump yang sesuai dan tepat pada kedua Seat Ring Valve tersebut. Tanpa harus melepas Body Valve dari posisinya dan membiarkan Valve tetap bekerja seperti biasa (Normaly Closed/Open). Sebuah pekerjaan sederhana dengan tingakat keberhasilan yang tinggi untuk beberapa kerusakan Valves yang masih mungkin untuk tetap berguna.

POWER PRESSURE DAN LUBRICANT YANG DIPERLUKAN


Butuh Pressure yang tinggi dalam S.O.P proses Injection Lubricant ini. Pressure ini bisa di dapatkan dari Pump dengan Manual Hand Pump atau Grease Gun. Dimana besar nya Tekanan sangat tergantung pada media Material apa yang sedang kita gunakan.

Semakin padat dan kental Material yang ingin kita masukkan, semakin besar pula Pressure yang dibutuhkan agar Lubricant atau Sealent tersebut dapat masuk ke dalam Seat Ring di Valves. Maka dari itu,sangat disarankan memakai Pump pendorong dengan kekuatan Up to 10.000psi sebagai bagian penting dari pekerjaan ini.

"Inilah yang kita sebut sebagai Standart Operating System Online Valve Maintenance"


Sepertinya sangat mudah dan sederhana dalam Pekerjaan Onlione Valve Maintenance ini meskipun tetap dibutuhkan sebuah ketrampilan tersendiri dan haruslah seorang Man Power yang sudah mengenal betul Karakteristik Valve tersebut. Karena pengalaman dan pengetahuan tentang ini sangatlah diperlukan. 

Apalagi jika berhubungan dengan Valve milik Oil Company dimana setiap Pekerja diwajibkan menguasai Lingkup kerjanya dan mematuhi System Kerja yang sudah berjalan di Perusahaan tersebut.

Keuntungan Service Valve dengan Sistem Online Valve maintenance | O.V.M


Ada banyak Keuntungan yang di dapat dari System Online Valve Maintenance ini, Selain daripada Biaya yang jelas jauh lebih Murah daripada kita harus mengganti Valve existing dengan Valve yang baru dan akan membutuhkan biaya yang pasti sangat besar, Service Valve Online ini juga memberikan Waktu Pekerjaan yang jauh lebih cepat.

Jika dalam keadaan normal dan kerusakan pada Valve memungkinkan untuk diperbaiki, hanya akan memerlukan waktu 2-3 days untuk 1 Unit Valve pengerjaannya. Jadi akan sayang sekali jika fasilitas Online maintenance pada produk Valve ini tidak dimanfaatkan dengan baik.


Hal ini memberikan pula banyak Benefit yang bisa Perusahaan dapatkan dan menghindari terbengkalainya Pekerjaan-pekerjaan lain yang ada sangkut pautnya dengan Valves terkait tersebut.

Sebagai Contoh pada Proses Pigging yang membutuhkan Valve-valve terkait harus berfungsi dengan baik agar tidak mengganggu Proses Pigging berjalan. Jika Valve tidak dalam kondisi yang baik, pastilah akan mengganggu schedule pekerjaan yang lain.

Dengan S.O.P Online Valve Maintenance and Service ini, permasalahan standart pada Valve (Stuck, passing/Bocor) dapat diatasi dengan cepat dan dengan biaya yang jauh lebih Murah agar Operation System dan produksi tetap berjalan dengan Baik.

Notes :

  • Pilih Product Alat/Equipment Online Valve Maintenance yang sesuai dengan kebutuhan di lapangan.
  • Pilih Product/Merk Lubricant yang tepat dengan kebutuhan Valve dan kerusakannya.
  • Perhatikan dengan baik kesiapan dan Keamanan kerja melalui pemahaman terhadap semua resiko dari equipment yang mungkin bisa ditimbulkan.

Demikian Standart Operating Online valve maintenance dari kami. Jika ada kekurangan dan kekurang benaran Informasi diatas bisa disampaikan melalui kolom komentar dibawah ini agar kita bersama dapat menemukan solusi yang tepat di setiap permasalahan tentang Valves disekitar kita.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon