26.6.16

AIR HIDRAULIC PUMP CUSTOM PADA ONLINE VALVE MAINTENANCE

Hidraulic Pump atau Air Hidraulic Pump adalah sebuah alat jenis pompa dengan sistem Hidraulic yang bekerja dengan tenaga Angin Compressor atau Pneumatic dengan tujuan Distribusi Lubricant dan Sealent dari Luar masuk ke dalam Valve | Online Valve Maintenance


AIR HIDRAULIC PUMP

AIR HIDRAULIC PUMP


Beberapa menanyakan tentang detail Hidraulic Pump ini, meskipun diluaran sana banyak sekali merk dan manufacture besar yang sudah membuat dan menjual Air Hidraulic pump di Indonesia dengan spesifikasi yang kusus untuk pekerjaan Online Valve Maintenance. 

Dari banyaknya pertanyaan yang muncul bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa ternyata tidak banyak jenis Equipments ini yang sudah mampu memberikan jawaban atas kebutuhan di lapangan yang menuntut sebuah alat dengan spesifikasi dan kemudahan pemakaian.

Pengalaman dari beberapa rekan-rekan kita pelaku pekerjaan Online Valve Maintenance ini membuat solusi tersendiri dalam mengatasi tuntutan pekerjaan di lapangan dengan membuat sendiri Air Hidraulic Pump nya secara customs agar benar-benar sesuai dengan keperluannya. Mengapa bisa begitu ?, sangat mudah sekali jawabannya. 

Beberapa Products Hidraulic Pump yang disediakan oleh manufacture yang mengkususkan diri dengan Item kerja Online Valve Maintenance, kurang memberikan banyak pilihan yang tepat bagi pelaku Kerja Maintenance Valve di Indonesia.

AIR HIDARAULIC PUMP - Solusi Pump terbaik untuk pekerjaan Online Valve Maintenance dan Valve Service


Atas dasar ini dan tuntutan kebutuhan yang semakin meningkat, akhirnya beberapa experimen dan pengalaman mengantar mereka pada kesimpulan untuk merakit- membuat sendiri Air Hidraulic Pump dengan penyesuaian agar lebihmudah di ginakan di lapangan (Contoh gambar 1).

Tidaklah sulit untuk mendapatkan masing-masing elemen yang dibutuhkan dalam membuat Air Hidraulic Pump ini sendiri karena sistem kerja Pump yang sebenarnya sangat sederhana. 

Pump Hidraulic sebagai mesin pendorong bagi Unit Pump secara keseluruhan sudah bisa didapat dengan mudah. Kemudian kita tinggal menggabungkan part terkait dan merakitnya dengan bentuk yang paling sederhana sesuai kebutuhan kita.

Beberapa Hidraulic pump yang pernah penulis buat dan ketahui memiliki model atau bentuk yang berbeda-beda dimana semuanya mengacu pada kemudahan operating yang dikedepankan. Semakin sederhana semakin bagus dengan tujuan agar Air Hidraulic Pump ini dapatdengan mudah untuk dibawa kemana-mana dan siap bekerja pada situasi yang terkadang tidak bisa kita duga kondisinya. 

Bayangkan jika Jalur Metering Pipa gas Pertagas Area Jawa barat yang memanjang dari Cirebon sampai ke Merak sana dan melewati ratusan Valve yang hampir semuanya berada di tempat yang sulit dijangkau oleh kendaraan. Apalagi jika harus membawa Air Compressor sebagai sumber tenaga dari Hidraulic Pump tersebut. Kalaupun tersedia Air Compressor disana, bagaimana dengan sumber listriknya??.

Kondisi tersebut mungkin bisa diatasi dengan Hidraulic Hand Pump atau Grease Gun Hidraulic yang juga sudah banyak tersedia dengan beberapa Merk beredar di Indonesia. Ternyata Manual Pump tersebut masih belum bisa memenuhi kebutuhan karena beberapa hal yang kurang tepat jika saya sebutkan disini. 

Jadi sangat masuk akal jika Air Hidraulic rakitan Indonesia ini menjadi pilihan yang menarik bagi pelaku kerja Online Valve maintenance dan Valve service rekan-rekan kami ini.

BAGAIMANA AIR HIDRAULIC PUMP YANG LAYAK KITA PILIH?


Pilihan ada ditangan Anda sebagai yang paling paham akan kebutuhan alat untuk pekerjaan terkait. Pengalaman kita di bisnis ini memberikan sedikit gambaran tentang pemahan tecnikal yang cukup akan menghasilkan sebuah solusi yang tepat kususnya untuk Pekerjaan yang masih tidak banyak pelaku nya ini.

Tidak ada salahnya untuk mencoba membuat-merakit sendiri Air Hidraulic Pump ini sehingga kita benar-benar paham akan kebutuhan Tools yang kita inginkan. Standart Safety menjadi hal yang wajib dipenuhi disini, selain kualitas produk manufacture yang sudah teruji keunggulannya. 

Kita hanya perlu memilih beberapa bagian dari Pump dan mendapatkan kebutuhan tersebut satu persatu secara partial lalu kemudian kita rakit menjadi satu unit pompa yang siap pakai. Sangat sederhana bukan?.

ELEMENT PARTS YANG HARUS ADA PADA AIR HIDRAULIC PUMP


Dari contoh produk diatas kita bisa melihat dengan jelas perbagian yang harus kita sediakan diantaranya :
  • Hidraulic pump 
  • PressureGauges 
  • Regulator 
  • Needle valve / Valve 
  • Tabung Oil 
  • Tubing 
  • beberapa Connector 
  • Level Oil 
  • Hose dll (Gambar 1) 

Tidaklah sulit untuk mendapatkan dan membuat beberapa bagian yang tampak seperti gambar diatas tersebut. Selebihnya kita bisa melakukan trial pada hasil rakitan kita ini sebelum benar-benar dapat kita andalkan sebagai senjata perang Online valve maintenance dan Service valve. 

Usahakan unutk selalu mengenal dengan baik produk yang kita gunakan ini dengan memahami karakter dan isi catalog spec dari products yang biasanya ada dan disiapkan oleh penjual.

Bukan bermaksud untuk menjelekkan atau menganggap bahwa produk specialist manufacture yang sering kita lihat itu adalah buruk sehingga kita merasa lebih pintar untuk membuat sendiri. karena sebenarnya kita pun hanyalah merakit saja, tidak menciptakan atau membuat sendiri Air Hidraulic pump tersebut. 

Dengan harapan alat yang kita rakit ini dapat memenuhi kebutuhan praktis di lapangan dan memberikan benefit nyata bagi kelangsungan pekerjaan kita.

FAKTOR KEBERHASILAN PEKERJAAN ONLINE VALVE MAINTENANCE


Tulisan saya diatas hanyalah sebuah uraian kecil dan terlalu singkat jika untuk membahas sebuah rencana pekerjaan dalam skup yang besar. Kami hanya memberikan sedikit tentang pengalaman kami di lapangan pada pekerjaan Online Valve maintenance dan Valve Services. 

Semoga dengan kendala dan kesulitan yang pernah ada ini semakin membuat kita lebih kritis dan cerdas untuk mengambil keputusan lain yang lebih baik.

Perhatikan peran alat-alat terkait lainnya dalam pekerjaa Valve maintenance dan Services ini yang ke semuanya saling mendukung kinerja satu sama lain. Man power yang handal, Planning dan tujuan yang jelas, Visi yang kuat dan persiapan alat yang memadai seperti Air Compressor, Grease Gun, Konci-konci, Connector dan Nipple terkait, Alat-alat safety, Grease Fitting dan lain sebagainya.

Saran dan kritik untuk berbagai pengalaman tentang pekerjaa Online Valve Maintenance ini bisa ditulis di kolom komentar bagian bawah dari artikel ini agar dapat membantu kita untuk lebih baik lagi.

Air Hidraulic Pump | Hidraulic Pump hasil rakitan sendiri ini hanyalah sebuah solusi kecil dari keterbatasan kita dan penyesuaian terhadap kondisi riil di lapangan, semoga dapat berbagi dan selalu memiliki manfaat bagi banyak rekan-rekan tercinta kita.

by : Agusdewi HM

Artikel Terkait

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon