29.6.16

FUNGSI GREASE FITTING VALVE DAN CARA KERJA GREASE FITTING PADA ONLINE VALVE MAINTENANCE

Grease Fitting Valve atau Vented Body cap yang ada pada Body Valve tertentu memiliki fungsi yang sangat significant sehingga keberadaannya menjadi sangat penting terutama disaat dibutuhkan proses Online Valve Maintenance atau Valve Service secara Online

VENTED BODY CAP



GREASE FITTING VALVES - NIPPLE GREASE VALVES


Sering disebut dengan Vented Body Grease Fittings, karena secara bentuk memang mengarah ke nama tersebut dimana Grease Fitting ini memiliki lobang sebagai jalur keluat masuk Pressure dari dan ke dalam Valve dengan penutup Cap sebagai pengamannya (Gambar 1). 

Element Fitting pada Valve ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan Valve tertentu. Semua terkait dengan Spec Valve yang memungkinkan dilakukan Online Valve Service atau Maintenance Valve sebagai salah satu hal yang harus diperhatikan.

Namanya juga sebuah product Industrial dimana setiap product pasti akan memiliki usia terbatas atau Long life dan salahsatu cara agar dapat memperpanjang usia Valve dan menjaga Valve tetap bisa bekerja dengan baik adalah melalui servive dan Maintenance yang teratur dan berkala. 

Disini fungsi dari Online Valve maintenance adalah sebuah solusi tepat dalam merawat Valve secara berkala dan reguler sekaligus sebagai solusi Service Valve tersebut jika kondisi valve masih memungkinkan. 

BAGAIMANA GREASE FITTING INI BEKERJA??


Inilah element Fitting kecil yang menghubungkan antara Valve dan isi dari valve tersebut dengan dunia luar. Pada kondisi Valve berjalan dan operating, Grease Fitting ini menjadi satu-satunya jalan untuk mengeluarkan pressure atau memasukkan pressure yang berisi Material Lubrucant dan Seal tertentu agar Proses Maintenance bisa berjalan dengan baik.

Dengan letak Grease Fitting Valve ini berada disisi luar Body Valve dan mudah untuk dijangkau, jelas bahwa ini dikonsep untuk mempermudah pengguna Valve ini bekerja dalam merawat valve nya atau menjaga agar Grease Fitting ini tetap dalam kondisi baik untuk setiap saat dibutuhkan. 

Kendala dari Grease Fitting ini akan nampak jika Letak Valve terutama Valve yang berada di lepas pantai Off shore yang rawan oleh korosi yang disebabkan karena asam udara di tengan laut dan percikan air laut secara kontinue mengenai Body dan element yang ada di Valve tersebut.

Perlu control dan pergantian berkala sebelum Grease Fitting Valve ini benar-benar rusak dan malah akan menyulitkan kita dalam proses kerja Valve maintenance. Chek kondisi Grease Fitting ini secara berkala, lalu usahakan selalu menggunakan PR Tools sebagai alat yang aman mendeteksi adanya pressure tersimpan dari dalam Valve tersebut. 

Prosedur Kerja atau S.O.P Valve Maintenance bisa dilihat di artikel yang lain di Website ini, lengkap dengan cara kerja yang sudah kami tulis sebelumnya. Karena bagaimana pun sebuah alat tetaplah memerlukan sumber daya Manusia yang mengerti dan paham akan aplikasi alat tersebut.


PERGANTIAN GREASE FITTING YANG AUS ATAU RUSAK


Pahami dengan baik proses pergantian Grease Fitting dalam Online Valve Maintenance agar prosedur Safety dan manfaat manfaat dari pekerjaan ini sesuai dengan tujuan nya. Pelajari pula karakter valve yang biasanya tertuang dalam catalog agar kita benar-benar pasti dalam menentukan Standart kerja Maintenance ini. 

Beberapa Produk atau Merk Valve tertentu memiliki karakteristik yang mudah dalam pergantian sedangkan beberapa Merk valve lainnya memerlukan extra waspada terkait dengan Pressure yang sedang berjalan pada Valve terkait.

Jenis Valve yang aman untuk pengerjaan Online Valve Maintenance dan pergantian Grease Fitting seharusnya mempunyai Inner Chek valve pada bagian dalam hole yang terhubung dengan Grease Fitting. Type Valve seperti ini relatif aman dalam buka dan tutup Grease Fitting dengan tingkat keamanan yang cukup pada proses pergantian Grease Fitting. 

Akan tetapi tidak semua Merk dan Type Valve seperti itu, sekali lagi perlu dilihat Catalog Valves tersebut dan sejarah Maintenance yang sudah pernah dijalani agar kita dapat menentukan Grease Fitting yang tepat untuk Valves terkait.

MEMILIH GREASE FITTINGS YANG SESUAI DAN TEPAT


Grease Fittting pengganti sudah banyak bisa kita dapatkan dan tidak harus didatangkan dari Manufacture Merk Valves terkait karena berbagai Jenis,Type dan Merk Valve yang beredar sudah melakukan penyeragaman bentuk sehingga mudah untuk mendapatkan Part penggantinya. 

Anda bisa memilih Material Grease Fitting yang sesuai dengan rencana jangka panjang pada valve tersebut. Material Stainless Steel mungkin lebih bagus dan kuat, tetapi Material Carbon Steel memiliki fleksibilitas yang lebih baik dari beberapa pertimbangan. (Nanti akan kita bagikan lengkap pada Artikel mandatang).


Karena keterbatasan waktu dan halaman dalam tulisan ini, untuk bagian lain dari Online Valve Maintenance secara keseluruhan (sebagian sudah tertulis di Artikel sebelum ini), akan kami lengkapi lagi kemudian. 

Dan tema Grease Fittings atau sering kita sebut dengan Nipple Grease ini hanyalah bagian kecil yang bisa kami sampaikan. Semua hal tentang Pekerjaan ini bisa ditambahkan melalui kolom komentar dibawah agar dapat dinikmati juga oleh pembaca yang lain.

Terimakasih sudah bergabung dengan bagian kecil tulisan tentang Grease Fittting ini dan kita akan berjumpa lagi pada tulisan berikutnya. Senang sekali bisa membahas dan bertukar ide atau pengalaman bersama anda melalui forum ini.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon